//
you're reading...
DABETES JOGJA, DIABETES, DIABETISI INFO

300 JUTA ORANG DIPERKIRAKAN MENDERITA DIABETES TAHUN 2025

SAFA MEDIKA JOGJA (DIABETES) : Jumlah penderita diabetes mellitus (DM/penyakit gula) atau diabetisi dari tahun ke tahun baik di kota maupun desa diprediksi akan mengalami kenaikan.

Sebuah survei bahkan menunjukkan di tahun 2025 mendatang diperkirakan akan dijumpai 300 diabetisi di seluruh dunia.

“Prediksi dari sebuah survei atau penelitian menunjukkan  peningkatan angka kesakitan diabetes hingga 35 persen dan jumlah diabetisi yang meningkat sampai 122 persen,” kata dr Luthfan Budi Purnomo, dari bagian penyakit dalam FK UGM , dalam Seminar Ilmiah Penanganan Diabetes Melitus dan Komplikasi Mata yang diselenggarakan oleh Asri Medical Center (AMC) UMY, Sabtu (29/5/2010).

Sayangnya, imbuh Luthfan, pengobatan diabetes ini sering tidak berhasil dan mencapai target sehingga penyakitnya justru terlanjur berat. Hal ini dikarenakan pengobatan diabetes yang cenderung salah dan tidak tepat.

Menurutnya, pilar pengobatan diabetes justru dimulai dari edukasi, pengaturan makan, olahraga, gaya hidup serta obat anti diabetes atau bisa insulin. “Yang penting untuk pengobatan diabetes ini yang ditekankan adalah edukasi terlebih dulu,” katanya.

Sementara dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY, Yunani Setyandrian, menambahkan Diabetes Melitus menyebabkan penderita rentan terhadap infeksi, seperti infeksi saluran kencing, infeksi paru serta infeksi kaki.

Selain menyebabkan infeksi ternyata diabetes bisa menyebabkan kelainan yang terjadi pada pembuluh darah retina dan bisa berakhir dengan kebutaan bagi penderitanya. Retinopati Diabetik, begitu kebutaan akibat DM ini dalam bahasa kedokteran. Retinopati Diabetik ini terjadi pada 60 persen penderita diabetes atau diabetisi yang berumur diatas 15 tahun.

“Retinopati Diabetik muncul karena adanya kebocoran atau sumbatan pembuluh darah halus di retina serta dapat menyebabkan pembentukan pembuluh darah yang rapuh.  Namun pembuluh darah rapuh ini sebenarnya bisa di cegah dengan suntikan anti VEGF ke dalam bola mata,” ungkap Yunani.

 

sumber okezone.com

About safamedika

safa medika mengulas berita seputar kesehatan dan dunia medis

Discussion

3 thoughts on “300 JUTA ORANG DIPERKIRAKAN MENDERITA DIABETES TAHUN 2025

  1. penting untuk mencegahnya sedini mungkin…..

    Posted by Anonymous | October 12, 2012, 4:44 am
  2. kesadaran akan kesehatan membuat hidup semakin berkualitas….stop diabetes di indonesia!!

    Posted by condoteljogja | October 19, 2012, 7:03 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s