//
you're reading...
DABETES JOGJA, DIABETISI INFO, HERBAL

GULA JAWA, PEMANIS YANG AMAN BAGI PENDERITA DIABETES

SAFA MEDIKA JOGJA : Penderita diabetes atau diabetesi kadang sulit diet gula untuk minuman sehari-hari. Tetapi, langkah untuk tetap minum manis bisa dilakukan dengan menggantinya dengan gula merah dari aren atau nira.

Dokter umum RSUP dr. Sardjito Tri Widodo menyampaikan, biasanya penderita diabetes selalu dianjurkan mengonsumsi pemanis buatan sebagai pengganti gula pasir.  “Banyak produk pemanis buatan memang tidak menaikkan kadar gula darah, tetapi arus memilih yang sesuai untuk kesehatan,” katanya, kepada Harian Jogja, belum lama ini.

Berbagai prduk pemanis buatan kini dengan mudah bisa dijumpai di pasaran, baik di kos-kios bahan rumah tangga hingga apotek. Praktisi herbal, Satirah mengatakan, penderita diabetes perlu memperhatikan kandungan bahan yang disertakan dalam pemanis tersebut.

Agar lebih aman, pemilihan pemanis buatan sebaiknya menyesuaikan dengan resep dokter yang memahami kandungan senyawa dalam produk-produk pemanis. “Jika memang ingin yang alami, bisa memilih gula jawa untuk bahan pengganti gula pasir,” katanya, di Sinduadi, Sleman.

Pemanis air aren itu kini menjadi alternatif menggantikan gula putih. Di samping terbuat dari bahan alami tanpa bahan pengawet, rasa manis dan kandungan zat yang  di dalamnya juga baik untuk kesehatan.

Pemilik Griya Sehat Herbal itu menjelaskan, konsumsi gula merah pada diabetesi lebih aman dibandingkan pemanis buatan. Gula merah atau sering juga disebut gula aren mengandung kadar gula sangat rendah.

artikel lengkap di harian jogja.com

About safamedika

safa medika mengulas berita seputar kesehatan dan dunia medis

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s