//
you're reading...
DABETES JOGJA, DIABETES

PROGRAM PLOLANIS MENJANGKAU PENDERITA DIABETES SAMPAI KE DAERAH

SAFAMEDIKA DIABETES (JOGJA) : Mungkin istilah Prolanis masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Prolanis atau Program Penanggulangan Penyakit Kronis adalah sebuah program dari Asuransi Kesehatan (Askes) yang terbilang masih baru. Dalam rapat Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) yang dilangsungkan di Hotel Mulia, Jakarta, pada 21 Mei 2011 lalu, dr. Umbu M. Marisi, MPH sebagai perwakilan dari Prolanis membeberkan lebih jauh berkenaan program tersebut.

Banyak perubahan yang terus terjadi dalam dunia kesehatan Indonesia. Sebut saja penyakit infeksi, sebagai contoh, yang selama dekade terakhir menduduki peringkat pertama namun kini telah digantikan posisinya oleh penyakit degeneratif. Tak diragukan lagi, penyebabnya adalah pelayanan kesehatan yang terus berkembang maju sehingga usia harapan hidup pun kian bertambah. Dan secara tidak langsung, biaya kesehatan turut kena imbasnya.

Beberapa tahun terakhir ini biaya kesehatan terus meningkat. Tidak terkecuali, masalah efektivitas pemakaian dana itu adalah tanggung jawab seluruh lapisan warga, termasuk PT. Askes Indonesia yang selama ini memberikan sumbangsih dalam memelihara kesehatan masyarakat. Jika ditilik kembali, premi sebesar 2% terhitung sangat minim. Hal tersebut tidak sepadan dengan besarnya populasi peserta Askes (57%) yang berusia 40 tahun ke atas dan memiliki risiko tinggi. Ditambah dengan adanya data bahwa 43% orang yang datang berobat ke rumah sakit merupakan penderita penyakit kronis, seperti gastritis, hipertensi, dan diabetes melitus (DM) yang membutuhkan pengobatan berulang. Penanganan jangka panjang terhadap penyakit kronis tersebut tentunya memakan waktu, tenaga, dan biaya yang lebih besar dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, pengaturan harus berjalan sebaik mungkin agar premi yang minim tersebut dapat dialokasikan sebaik-baiknya demi pemeliharaan kesehatan para pesertanya

Sebagai contoh dengan program prolanis pasian yang menderita penyakit kronis seperti diabetes dapat ditangani langsung oleh dokter keluarga. pasien akan merasa nyaman karena sampai saat ini telah tersedia jaringan dokter keluarga askes di setiap kecamatan.

sumber perkeni.org

About safamedika

safa medika mengulas berita seputar kesehatan dan dunia medis

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s