//
you're reading...
DABETES JOGJA, DIABETISI INFO

TIPS NAIK PESAWAT BAGI PENDERITA DIABETES

SAFAMEDIKA (DIABETES) artikel dari indodiabetes.com : Seorang penderita diabetes juga ingin hidup normal seperti kebanyakan orang yang tidak menderita diabetes. Seorang diabetes juga ingin berpergian seperti wisata jauh ke suatu tempat yang mereka dambakan dengan menggunakan pesawat terbang.

Bagi penderita diabetes yang membawa alat bantu diabetes yang ingin berpergian menggunakan pesawat terbang mungkin akan menghadapi beberapa masalah ketika mereka akan melalui tempat pengecekan keamanan penumpang seperti pemeriksaan sinar X dan detektor logam (metal detector) yang biasanya dipasang di setiap pintu masuk ke ruang check in dan ruang tunggu di setiap bandara.

Masalah di Bandara untuk Penderita Diabetes Type1:

Jika Anda penderita diabetes type1 ingin berpergian dengan pesawat terbang ada sangat besar kemungkinan Anda akan menghadapi banyak masalah ketika Anda hendak melewati tempat2 pemeriksaan keamanan penumpang seperti pintu masuk check in dan pintu masuk ke ruang tunggu di bandara.

Seperti kita ketahui bahwa penderita diabetes type1 sangat tergantung pada asupan insulin. Ketergantungan terhadap asupan insulin ini akan menyebabkan penderita diabetes type1 harus mempersiapkan alat bantu diabetes secara lengkap seperti misalnya insulin, jarum suntik, pompa insulin, pena insulin, alat test gula darah, test strip, batere dan alkohol. Kesemua alat bantu ini biasanya disimpan dalam sebuah box khusus dan selalu harus dibawa jika berpergian jauh. Peralatan bantu diabetes diatas kemungkinan akan mendapatkan pemeriksaan khusus di bandara. Masalah yang akan timbul disini adalah adalah adanya larangan membawa senjata tajam (alat suntik termasuk kategori senjata tajam) dan cairan tertentu seperti alkohol didalam pesawat terbang.

Untuk penderita diabetes type1 yang harus menggunakan pompa insulin yang setiap saat harus diletakkan di tubuhnya akan menghadapi masalah ketika mereka akan melewati pintu detektor logam (metal detector). Alat peringatanĀ  detektor akan berbunyi dan tubuh mereka akan segera diperiksa (body search) oleh petugas keamanan dengan cara meraba seluruh badan mereka. BERHATI-HATI LAH! Ada kemungkinan petugas keamanan akan mengeluarkan (baca: mencabut) pompa insulin Anda seketika itu juga dari tubuh Anda! Tindakan ini akan sangat berbahaya!

pompa insulinSangat disarankan kepada penderita diabetes type1 yang menggunakan pompa insulin sebaiknya segera melaporkan kepada petugas keamanan sebelum melewati alat deteksi logam bahwa Anda terpaksa harus menggunakan pompa insulin ditubuh Anda dan tidak dilepaskan karena Anda memang sangat membutuhkan asupan insulin pada saat itu. Mintalah petugas keamanan melakukan prosedur pemeriksaan lainnya untuk memastikan Anda memang aman sebagai salah satu penumpang pesawat. Prosedur pemeriksaan khusus bisa berupa pemeriksaan dalam ruang tertutup dimana Anda bisa menunjukkan pompa insulin Anda kepada petugas keamanan atau petugas medis bandara yang biasa disebut dengan inspeksi visual).

About safamedika

safa medika mengulas berita seputar kesehatan dan dunia medis

Discussion

One thought on “TIPS NAIK PESAWAT BAGI PENDERITA DIABETES

  1. trims tipsnya…

    Posted by Anonymous | October 24, 2012, 4:22 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s