//
you're reading...
DABETES JOGJA, DIABETISI INFO

CEGAH DIABETES DAN HINDARI RESIKO TUBERKULOSIS

Detik.com Jakarta, Diabetes telah diketahui dapat menyebabkan komplikasi lain seperti merusak mata, jantung, ginjal, ujung saraf, dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang lemah karena diabetes ini dikaitkan terhadap risiko penyakit tuberkulosis.

Tuberkulosis (TB) yang dulu dikenal dengan istilah TBC, adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini paling sering menyerang paru-paru, meskipun dalam kasus yang jarang dapat menyerang organ tubuh lain.

Orang yang terinfeksi TB akan mengembangkan gejala antara lain batuk yang biasanya disertai dengan dahak berdarah, penurunan berat badan drastis, mudah lelah, demam, berkeringat pada malam hari, kedinginan, dan kehilangan nafsu makan.

Jumlah pasien TB di seluruh dunia mencapai lebih dari 9 juta jiwa dan menyebabkan kematian pada lebih dari 1,5 juta pasien. Organisasi kesehatan dunia, WHO, baru-baru ini melakukan penelitian yang menyatakan bahwa risiko TB dapat meningkat pada orang yang mengidap diabetes.

Studi tersebut dilakukan terhadap 552 pasien TB, dari sejumlah pasien tersebut diketahui bahwa 243 orang diantaranya memiliki diabetes, dimana lebih banyak didominasi oleh pria dan orang-orang yang berusia lebih dari 50 tahun.

About safamedika

safa medika mengulas berita seputar kesehatan dan dunia medis

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s