//
you're reading...
DABETES JOGJA, DIABETISI INFO

CEGAH DIABETES DENGAN RUTIN SARAPAN

Kompas.com- Para ahli gizi sepakat bahwa sarapan adalah waktu makan paling penting dalam sehari. Hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa orang yang rutin sarapan setiap hari lebih rendah risikonya terkena diabetes, obesitas, atau menimbun lemak perut.

Pola makan teratur tiga kali sehari sangat dianjurkan dibanding pola makan random karena bisa memicu kegemukan dan bisa membuat gula darah cepat naik dan turun.

“Memang secara ilmiah belum terbukti bahwa sarapan saja akan menurunkan risiko diabetes, mungkin saja mereka yang selalu sarapan juga mengadopsi gaya hidup sehat lainnya,” kata Robert E.Ratner, MD, dari American Diabetes Association.

Sebuah penelitian manfaat sarapan dilakukan terhadap lebih dari 5.000 pria dan wanita, seluruhnya tidak menderita diabetes ketika penelitian dimulai. Selama kurun waktu 18 tahun mereka diikuti. Hasilnya, mereka yang sarapan setiap hari risikonya menderita diabetes 34 persen lebih rendah, demikian juga dengan risiko obesitas yang kurang dari 43 persen dan memiliki lemak perut.

Sementara itu orang yang agak rutin sarapan (4-6 kali seminggu) juga lebih rendah risikonya terkena diabetes (24 persen.

About safamedika

safa medika mengulas berita seputar kesehatan dan dunia medis

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s