//
you're reading...
DABETES JOGJA, DIABETISI INFO

STUDY : KACANG DAPAT MENCEGAH DIABETES

VIVAlife – Berbagai jenis kacang-kacangan ternyata dapat menjadi pengendali kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. Para peneliti di Kanada sangat menganjurkan penderita diabetes tipe 2 untuk menambahkan kacang-kacangan ini sebagai menu diet mereka.

Selain mengendalikan diabetes, makanan kaya serat dan protein ini juga akan menyehatkan jantung, karena indeks glisemik-nya yang rendah. “Kacang-kacangan, yang selalu kita pikir baik untuk jantung ternyata juga bekerja untuk kadar gula darah pada penderita diabetes. Tidak hanya kontrol glukosa mereka yang menjadi lebih baik, tapi konsumsi kacang ini juga memberikan kejutan bagi kami, karena juga memberikan efek signifikan pada tekanan darah,” Dr. David Jenkins, peneliti dari Canada Research Chair in Nutrition and Metabolism, University of Toronto.

Seperti dikutip Health Day News, Jerkins dan timnya masih mempelajari hubungan langsung, mengapa kacang-kacangan ini memiliki efek pada gula darah dan tekanan darah. Mereka menduga efek ini diberikan oleh serat, protein, dan mineral yang terkandung pada kacang.

“Nutrisi tadi akan bekerja dengan baik untuk membantu Anda menjaga tekanan darah dan mengendalikan glukosa. Ini juga dapat menurunkan kolesterol.”

Pada studi ini, peneliti melakukan pengamatan secara acak pada 121 pasien diabetes tipe 2. Mereka diberikan satu cangkir kacang-kacangan setiap hari, begitu juga dengan produk-produk berbahan gandum. Selama tiga bulan, para peneliti menemukan jika mereka yang mengkonsumsi kacang, mengalami penurunan tekanan darah hingga 4,5 mm Hg, sedangkan mereka yang mengkonsumsi gandum hanya menurun ke angka 2,1 mm Hg.

Jenis kacang-kacangan yang dimaksud adalah buncis, kedelai, mete, almond, walnut, dan yang lainnya.

“Bagi orang-orang dengan diabetes tipe 2, kacang sebagai menu diet adalah tambahan yang bagus. Tidak hanya kacang-kacangan yang memiliki indeks glikemik yang relatif rendah, tapi juga kacang yang banyak mengandung antioksidan dan mineral,” Jenkins menerangkan.

About safamedika

safa medika mengulas berita seputar kesehatan dan dunia medis

Discussion

One thought on “STUDY : KACANG DAPAT MENCEGAH DIABETES

  1. makanan murah pencegah penyakit….sebenarnya lingkungan ini banyak kan??? hanya saja bagaimana kita mengelolanya

    Posted by Anonymous | October 30, 2012, 12:42 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s